ULTAH DEKRANAS KAB.TULUNGAGUNG

14 March 2019 0 komentar admin

Selamat …. !!!! Dekranas memasuki usia PRODUKTIF.

Tanggal 3 Maret merupakan tonggak berdirinya Organisasi nirlaba yang menghimpun pecinta dan peminat seni kerajinan untuk memayungi dan mengembangkan produk kerajinan dan mengembangkan usaha tersebut, serta berupaya meningkatkan kehidupan pelaku bisnisnya, yang sebagian merupakan kelompok Usaha Kecil dan Menengah, yaitu Dewan Kerajinan Nasional (DEKRANAS). Berdirinya organisasi tersebut berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan & Kebudayaan Nomor 85/M/SK/3/1980 dan Nomor 072.b/P/1980, pada tanggal 3 Maret 1980, yang akhirnya pada setiap tanggal tersebut akan diperingati sebagai Hari Ulang Tahun (HUT) Dekranas.

Pada tahun ini, 2019, HUT dilaksanakan secara nasional dan Dekranasda Kabupaten Tulungagung turut serta merayakannya dengan menggelar syukuran di Gedung Dewan Kerajinan Daerah (Dekranasda) Kabupaten Tulungagung yang beralamatkan di Jl. A. Yani no. 1 Tulungagung. Acara yang diselenggarakan pada hari Selasa, 5 Maret 2019 dilaksanakan secara “sederhana tapi meriah”, yang dihadiri sekitar 100 tamu undangan, dari organisasi terkait dan pelaku Industri Kecil Menengah di Kabupaten Tulungagung

Seluruh jajaran pengurus Dekranasda Kabupaten Tulungagung bergotong royong dalam mensukseskan acara HUT Dekranas yang ke-39, usia yang tergolong relatif muda tapi produktif. Dalam acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Plt. Bupati Tulungagung. Bapak Drs. H. Maryoto Bhirowo, MM beserta Ibu yang sekaligus adalah Plt Ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung.

Dalam sambutannya Plt Kab. Tulungagung menyampaikan bahwa salah satu kunci sukses untuk menghasilkan produk kerajinan dengan kreatifitas yang tinggi adalah dengan selalu membuat inovasi yang berkesinambungan. Selain itu beliau juga mengucapkan terimakasih atas peran Dekranasda yang secara terus menerus melakukan pembinaan terhadap para pelaku kerajinan dan usahanya, bersama-sama dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait Kabupaten Tulungagung. Dalam akhir sambutannya beliau memberikan ucapan  “Selamat Merayakan Hari Ulang Tahun Dekranas ke-39, semoga Dekranas khususnya Dekranasda Kab. Tulungagung tetap berkarya memajukan industri kerajinan, memajukan IKM Tulungagung agar dapat menghasilkan produk berkualitas yang mampu bersaing di pasar regional maupun global yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat menuju Tulungagung yang Ayem, Tentrem, Mulyo Lan Tinoto”.

Ibu Siyuk Maryoto Bhirowo sebagai istri Plt. Bupati yang secara otomatis adalah Plt. Ketua Dekranasda Kab. Tulungagung, juga memberikan sambutan pada acara tersebut. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dalam usianya yang ke-39, Dekranasda terus memantapkan fungsinya, yang dampaknya tidak hanya untuk meningkatkan kesejahteraan para perajin, melainkan juga bisa menjadi ujung tombak dalam memenuhi tuntutan Pasar Global dengan tetap mampu mempertahankan Jati diri bangsa. Selanjutnya beliau juga menyampaikan bahwa Show Room Dekranasda Tulungagung merupakan ruang pamer sekaligus menjualkan hasil produk kerajinan IKM se-Kabupaten Tulungagung. Untuk itu beliau menghimbau kepada semua yang hadir untuk menginformasikan keberadaannya kepada masyarakat luas, tamu-tamu, wisatawan lokal dan asing untuk singgah sekaligus berbelanja, yang harganya lebih murah dibanding harga di pasaran.

“Dekranasda Kabupaten Tulungagung telah berperan banyak dalam pengembangan industri kerajinan, antara lain dengan melakukan pembinaan pelatihan teknis dan menejemen serta pelatihan marketing penjualan secara online. IKM kerajinan Tulungagung banyak yang sudah bergabung dalam media penjualan online yang diwadahi oleh aplikasi online IKMMARTTULUNGAGUNG. Dengan adanya toko online ini, siapapun, kapanpun bisa mengakses sehingga diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Tulungagung”. Hal ini disampaikan dalam laporan panitia oleh Bapak Dr. Eko Sugiyono, MM, Kepala Kantor Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Tulungagung, sekaligus Ketua Harian Dekranasda Kab. Tulungagung.  “Selain itu, Dekranasda Kabupaten Tulungagung juga aktif mengikuti even-even pameran dan promosi kerajinan baik regional maupun nasional. Dekranasda Tulungagung bekerja sama dengan Dekranasda Provinsi Jawa Timur juga memfasilitasi perijinan hak paten untuk melindungi hasil produk kerajinan”, tambah beliau.

Acara  HUT Dekranas mencapai puncaknya dengan  Pemotongan Tumpeng oleh Ibu Plt. Ketua Dekranasda dan diserahkan kepada Ketua Harian, Bapak Eko Sugiono, yang didahului pembacaan doa dan “selamatan” adat Jawa yaitu dengan “buceng kuat dan jenang sengkolo”. Acara ditutup dengan ramah tamah, serta foto bersama. Dengan acara Ulang Tahun Dekranas ini kita semua berharap “Semoga kedepan Dekranasda Kabupaten Tulungagung lebih dapat bermanfaat bagi kemajuan kerajinan dan perekonomian di Kabupaten Tulungagung. Aamiiin …. !!!!”