TIM KEAMANAN PANGAN DAERAH SIDAK DI PASAR REJOTANGAN DAN SDN 1 NGUNUT

12 March 2020 0 komentar admin

TIM KEAMANAN PANGAN DAERAH SIDAK

DI PASAR REJOTANGAN DAN SDN 1 NGUNUT

 

Tim Keamanan Pangan yang terdiri dari gabungan beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) salah satunya adalah Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung, kali ini melakukan sidak di Pasar Rejotangan dan SDN 1 Ngunut (Kamis, 12 Maret 2020). Tim ini bertugas melakukan pengawasan makanan yang beredar di daerah khususnya Kabupaten Tulungagung. Makanan yang diawasi adalah makanan segar dan makanan olahan. Untuk makanan segar antara lain daging, sayur dan ikan, sedangkan makanan olahan yang sering di jumpai di pasar antara lain roti / kue, makanan yang menggunakan zat pewarna sintetis (sosis, jeli, kerupuk dll).

Hasil pantauan di Pasar Rejotangan antara lain ada beberapa Jenis makanan yang menggunakan boraks dan memakai pewarna non food grade, beberapa produk makanan belum memiliki ijin PIRT dan Minyak Goreng tidak ber SNI. Sedangkan di SDN 1 Ngunut  ada beberapa snack makanan yang tidak berlabel kemasannya dan belum memiliki ijin edar (PIRT). Pengelola Kantin sekolah belum menggunakan masker pelindung sarung tangan ataupun penjepit makanan untuk jajanan basah.

Tim ini menghimbau kepada masyarakat atau kepada pedagang pasar untuk tidak menjual barang dagangannya yang mengandung bahan-bahan berbahaya dan belum memiliki ijin edar (PIRT). Sedangkan untuk pengelola kantin sekolah untuk selalu menggunakan sarung tangan ataupun menggunakan penjepit makanan disaat menjual jajanannya.

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)