RAPAT KOORDINASI OPTIMALISASI PENERIMAAN PENDAPATAN ANGGARAN DAERAH DAN KEBERSIHAN PASAR TAHUN 2020

21 February 2020 0 komentar admin

RAPAT KOORDINASI

 OPTIMALISASI PENERIMAAN PENDAPATAN ANGGARAN DAERAH DAN KEBERSIHAN PASAR TAHUN 2020

 

 

Pasar merupakan salah satu muara pertemuan produsen, penjual dan pembeli dalam dunia perdagangan. Pasar dimaksud meliputi pasar modern dan Pasar Rakyat.  Sampai saat ini keberadaan Pasar Rakyat masih menjadi tulangpunggung rantai perdagangan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat. Pemerintah terus berupaya berbenah meningkatkan mutu dengan melakukan penataan pasar rakyat, pengawasan, dan evaluasi baik dari segi infrastruktur maupun peningkatan kwalitas mutu produk yang dijual. Tindakan partisipatif yang paling mudah dan nyata dilakukan masyarakat yaitu dengan selalu menjaga kebersihan di pasar tradisional.

Pada hari Jumat tanggal 21 Pebruari 2020 bertempat di Ruang Rapat Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung,  Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ibu Dra. Imro’atul Mufidah, M. Si. telah mengadakan rapat koordinasi Optimalisasi Penerimaan PAD dan Kebersihan Pasar Tahun 2020 yang diikuti semua KUPT Pasar yang ada di Kabupaten Tulungagung. Adapun saran dan petunjuk beliau adalah :

  1. Selalu berinovasi dan berpartisipasi bagi masyarakat atau pedagang pasar untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan pasar. Sehingga pasar tradisional yang ada di Kabupaten Tulungagung terlihat bersih dan rapi.
  2. Sosialisasi Perda kepada para pedagang oleh Dinas akan dilaksanakan secara bertahap setelah Perda secara resmi telah ditetapkan dan diundangkan, diharapkan kepada Kepala UPTD untuk secara aktif mensosialisasikan substansi Perda dimaksud kepada para pedagang di wilayah kerjanya masing-masing, khususnya substansi yang terkait dengan sanksi administrasi dan perubahan tarif retribusi.
  3. Sosialisasi tersebut perlu dilaksanakan secara intensif sebagai langkah preventif atau pencegahan sebelum diterapkannya sanksi administrasi serta meminimalisir gejolak yang mungkin timbul dengan pemberlakuan tarif baru yang mulai berlaku pada bulan Juli 2020.

Dengan adanya rapat koordinasi ini mudah – mudahan KUPT Pasar bisa dan mampu menggerakkan para pedagang pasar untuk selalu menjaga kebersihan yang ada di lingkungan pasar, sehingga pasar terlihat rapi dan bersih.

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)