PELATIHAN PEMBUATAN KESET DARI KAIN PERCA

14 August 2019 0 komentar admin

Limbah yang membawa barokah

Industri Kecil Menengah yang disingkat IKM di wilayah kabupaten Tulungagung mempunyai peranan yang cukup besar dan tanggung dalam menunjang perekonomian. Konveksi merupakan salah satu IKM yang cukup potensial, yang dalam proses produksinya menghasilkan limbah seperti halnya IKM yang lain

Limbah IKM konveksi ini ternyata membawa berkah, artinya oleh tangan-tangan terampil disulap menjadi industri kain perca, yang juga tidak dapat dipandang remeh dalam mendukung perekonomian masyarakat. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) sebagai OPD yang membidangi perindustrian secara terus menerus dan berkesinambungan melakukan pembinaan.

Pada tanggal 13 dan 14 Agustus, selama dua hari dilaksanakan kegiatan pembinaan tersebut. Diikuti oleh 25 orang pelaku yang kesemuanya ibu-ibu, pembinaan yang mengambil judul “Pelatihan Pembuatan Keset dari Kain Perca” bertempat di aula kantor Disperindag Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini merupakan salah satu dari kegiatan fasilitasi, pembinaan, pengembangan dan pemberdayaan industri tekstil dan aneka.

Selain memperoleh tambahan ilmu dan ketrampilan pembuatan keset, mereka juga mendapat bantuan “alat” membuat keset dan bahan baku berupa kain perca, limbah dari IKM konveksi. Diharapkan selesai pelatihan para peserta ini dapat lebih “memberdayakan dirinya” sehingga lebih membantu dapat perekonomian keluarga, yang akhirnya meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di Kabupaten Tulungagung tercinta ini. Aamiiin …..

           

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)