LOMBA FASHION SHOW DEKRANASDA PROVINSI JAWA TIMUR BUSANA BATIK DAN TENUN KABUPATEN/KOTA DI JAWA TIMUR TAHUN 2020

5 March 2020 0 komentar admin

LOMBA FASHION SHOW DEKRANASDA PROVINSI JAWA TIMUR

BUSANA BATIK DAN TENUN KABUPATEN/KOTA

DI JAWA TIMUR TAHUN 2020

 

Batik / Tenun merupakan salah satu hasil karya bangsa Indonesia yang sampai saat ini masih dikagumi oleh berbagai bangsa. Batik / Tenun merupakan produk budaya bangsa Indonesia yang sangat unik dan merupakan kekayaan budaya yang harus dilestarikan dan dibudayakan. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan lebih terus mendorong Dekranasda Kabupaten/Kota di Jawa Timur untuk senantiasa melakukan pembinaan terhadap pengrajin Batik / Tenun yang ada di Kabupaten / Kota di Jawa Timur. Oleh karena itu dalam rangka mengembangkan potensi Kerajinan Batik / Tenun khas Kabupaten / Kota di Jawa Timur serta dalam rangka peringatan HUT ke – 40 DEKRANAS dan Pameran GELAR KRIYA DEKRANASDA JATIM Ke – 2 Tahun 2020, maka DEKRANASDA Provinsi Jawa Timur telah menyelenggarakan “Lomba Fashion Show Busana Batik dan Tenun”, pada hari Rabu tanggal 4 Maret 2020.

Dekranasda Kabupaten Tulungagung telah mengirim 1 (satu) desain batik motif Tri Hasti (motif sekar jagad, parang seling kembang dan kawung) di produksi oleh Gajah Mada (Ike Yulianasari) dengan Desainer Kiki Mahendra yang diperagakan oleh (Ibu Ir. Eny Dwi Agustin, MM.) Pengurus Dekranasda Tulungagung untuk mengikuti kegiatan tersebut. Pada lomba kali ini Ibu Siyuk Rihayati Maryoto Birowo selaku ketua Dekranasda Kabupaten Tulungagung berkenan hadir dengan didampingi dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tulungagung.

Kegiatan Lomba Fashion Show ini bertujuan :

  1. Menggali ide kreatif dari perajin batik / tenun Dekranasda Kabupaten / Kota dalam rangka memperkenalkan batik / tenun khas Kabupaten / Kota di Jawa Timur.
  2. Meningkatkan kecintaan dan kepedulian masyarakat terhadap pelestarian budaya batik dan tenun.
  3. Meningkatkan promosi batik / tenun khususnya bernuansa kearifan lokal yang semakin luas dikenal, baik ditingkat nasional maupun internasional.

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)