Kunjungan Kerja Komisi B DPRD Propinsi Jawa Timur Ke Disperindag Tulungagung

12 January 2018 0 komentar admin BERITA

Pada hari Selasa, 9 Januari 2018, Dewan Perwakilan Rakyat  Daerah Propinsi Jawa Timur mengadakan kunjungan kerja ke Kabupaten Tulungagung. Kunjungan kerja ini diikuti oleh Pimpinan dan anggota Komisi B, yang membidangi Perekonomian, didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Propinsi Jawa Timur yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bidang Pengembangan Industri dan Perdgangan (PIP). Selain itu Biro Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah dan 2 orang staf dari Komisi B mendampingi kunjungan tersebut.

Kunjungan kerja ini adalah dalam rangka mencari masukan terkait Raperda Rencana Induk Pembangunan Industri di Jawa Timur. Dengan demikian sasarannya adalah para pelaku Industri Kecil Menengah (IKM) yang dibina oleh Dinas Perindustrian dan Perdaangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung dan diterima di ruang rapat Kantor Disperindag oleh Kepala Disperindag Kabupaten Tulungagung yang dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Dinas. 

Dalam sambutan penerimaan, Kepala Disperindag menyampaikan berbagai perkembangan industri  di Kabupaten Tulungagung, baik IKM, sentra industri, maupun industri yang telah mampu mengekspor poroduknya. Dalam hal ini Disperindag Kabupaten Tulungagung terus menerus melakukan pembinaan melalui berbagai kegiatan, antara laian, pemberian bantuan peralatan produksi dalam bentuk hibah kepada sekitar 600 IKM yang dianggarkan dalam APBD. Dukungan terhadap promosi juga dilakukan dengan mengikutkan dalam pameran lokal maupun luar daerah yang pada tahun 2017 sudah dilakukan sebanyak 7 kali, sedangkan promosi secara terus menenrus diwadahi di gedung Dekranasda.

Sesuai dengan tujuan kunjungan kerja ini, maka aspirasi atau usulan dari para pelaku industri juga banyak disampaikan. Dari Disperindag Propinsi juga menyampaikan program dan kegiatan yang disambut dengan penuh harapan oleh para pelaku industri, khususnya  promosi melalui pameran, misi dagang dan adanya KPD (Kantor Perwakilan Dagang).  Diskusi yang cukup hangat dan bernuansa kekeluargaan terjadi pada kunjungan ini. 

Acara kunjungan kerja ini tidak hanya di kantor Disperindag yang menghadirkan para wakil  pelaku industri, khususnya IKM sebanyak 15 orang, tetapi juga langsung ke lapangan. Kunjungan diawali ke Dekranasda yang menampung beberapa hasil IKM, dilanjutkan ke industri olahan krupuk rambak (sapi dan kerbau) di desa Sembung kecamatan Tulungagung dan ke industri konveksi di desa Moyoketen kecamtan Boyolangu.

Pada akhirnya dihimbau pihak Pemerintah Kabupaten Tulungagung diharapkan dapat menyiapkan kawasan industri  yang layak dan dibedakan antara IKM dengan industri besar. Pemilihan lahan untuk kawasan industri ini mempunyai beberapa persyaratan antara laian harus yang tidak subur, ada akses jalan untuk alat transportasi, dan juga harus mempertimbangkan kutlur penduduk setempat. Luas lahan yang disiapkan diharapkan tidak kurang dari 7.500 hektar.

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)