HMMM ….. RAPAT KOORDINASI KOORDINATOR PASAR, SAMBIL MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

31 March 2020 0 komentar admin

HMMM ….. RAPAT KOORDINASI KOORDINATOR PASAR,             SAMBIL MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH

          Menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Timur nomor 510/2045/125.4/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan COVID-19 dan Disinfeksi Tempat Fasilitas Umum (TFU), Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung, pada hari ini Selasa, 31 Maret 2020 mengadakan rapat koordinasi di halaman kantor pada pukul 09.45 – 10.15 dengan posisi berdiri dan mengambil jarak sekitar 1- 1,5 meter masing-masing peserta rapat. Rapat yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas dan diikuti oleh  Sekretaris, Kepala Bidang, Kepala UPT Pasar dan Koordinator Pasar ini,  menunujukkan bahwa jajaran ASN di Disperindag Kab. Tulungagung sangat mendukung himbauan dari Pemerintah dalam masa pandemik ini.

Rapat kali ini mengevaluasi penyediaan sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dengan air mengalir di Pasar Rakyat yang ada di Kab. Tulungagung. Alhamdulillah hampir semua sudah terpasang walaupun masih ada beberapa yang belum dan akan terpasang semua dalam minggu ini. Bahkan di pasar Campur dan Ngentrong beberapa pedagang berinisiatif secara mandiri memasang sendiri secara berkelompok 5-10 pedagang di tempat yang mudah terjangkau oleh mereka, sehingga frekuensi cuci tangan mereka lebih sering. Sungguh hal yang sangat menggembirakan karena kesadaran masyarakat demikian baik.

Upaya untuk menjaga kebersihan juga dilakukan dengan melakukan sosialisasi langsung kepada masyarakat di pasar baik pedagang maupun pengunjung yang dilakukan oleh masing-masing koordinator pasar. Penyemprotan dengan disinfektan juga sudah dilaksanakan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait, seperti RT/RW atau yang lainnya, bahkan juga secara mandiri.

Penyemprotan dilakukan pada malam hari atau pada saat pasar tutup dan atau pada saat sepi pengunjung.

Pemasangan pesan-pesan Kesehatan, seperti cara mencegah penularan COVID-19 juga telah dilaksanakan di semua pasar rakyat di Kabupaten Tulungagung. Demikian juga anjuran kepada pedagang maupun pengunjung untuk menggunakan alat pelindung diri (masker) dipatuhi dengan penuh kesadaran. Dengan demikian diharapkan Kabupaten Tulungagung khususnya Disperindag dapat ikut mencegah penularan COVID-19. Aamiiin ….

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)