IKM MART TULUNGAGUNG MEMPERLUAS LAPAK YANG KE-4

14 March 2019 0 komentar admin

“IKM MART TULUNGAGUNG” memperluas “LAPAK” yang ke-4

            Dengan semboyan “Dari IKM Pedesaan Menuju IKM Dunia”, aplikasi “ikmmarttulungagung” yang berbasis android senantiasa mengajak para pelaku IKM di Kabupaten Tulungagung untuk bergabung di “market place” yang diprakarsai oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tulungagung ini. Untuk itu pada Selasa, 12 Maret 2019, Disperindag melalui Bidang Sistem Informasi Industri dan Perdagangan mengadakan kegiatan “Optimalisasi Pengumpulan Data Industri dan Perdagangan” yaitu dengan mengundang 40 pelaku IKM untuk bergabug di ikmmarttulungagung.

            Kegiatan ini merupakan kegiatan yang ke-4, yang sebelumnya telah bergabung lebih dari 120 pelaku IKM di aplikasi tersebut. Dengan kegiatan ini diharapkan minimal 160 pelaku IKM telah memiliki “lapak” di “market place” ini. Bahkan dengan banyaknya peserta yang termasuk generasi “millennial” diharapkan mereka bisa mengajak teman-temannya ikut bergabung, sehingga makin banyak “lapak” yang terisi yang artinya “pasar” makin besar.

            Berbagai produk industri, mulai dari makanan minuman, kerajian kayu/bambu/paralon, kerajinan tekstil/ fashion dan aksesoris, bergabung pada kegiatan hari Selasa itu. Ada sedikit rasa “bangga” bahwa anak muda di Kab. Tulungagung “kreatif” juga. Semoga ini menjadi titik terang kemajuan perekonomian di Kabupaten Tulungagung. Disela-sela nara sumber menyampaikan materinya, termasuk seni “mem-foto” produk agar menarik pada pemasaran “on-line”, dilakukan acara “presentasi” dari masing-masing peserta terhadap produknya. Hal ini dikandung maksud, agar diantara peserta mengenal produk “temannya” dan dapat saling tolong menolong dan bekerjasama dalam memajukan usahanya.

            Acara yang dibuka oleh Plt Kabid SIIP, Nur Laili, berlangsung “santai dan menyenangkan”, bahkan sebagain peserta menyayangkan karena acara hanya diselenggarkan dalam waktu singkat. Terbukti acara yang seharusnya ditutup pada pukul 12.00 siang molor sampai 2 jam yaitu sampai pukul 14.00. Mereka berharap acara semacam ini dilaksanakan dengan waktu yang lebih panjang dan terus menerus berkesinambungan sehingga makin banyak pelaku IKM yang bergabung. Selain itu mereka juga berharap ada acara lain yang bisa “mempertemukan” semua “pelapak” dan saling mengenal produknya. Semoga hal ini dapat direspon dan ditindaklanjuti yaaaaa ……

 

Komentar

* Kolom yang harus diisi

Komentar (0)